Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Perspektif Islam: Mitigasi Risiko Dan Optimalisasi Manfaat
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.305Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, Etika Islam, Maqasid Syariah, Maslahah, Amanah, TeknologiAbstrak
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa pengaruh signifikan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di kalangan umat Islam. Artikel ini membahas etika penggunaan AI dalam perspektif Islam dengan menitikberatkan pada prinsip-prinsip syariah yang relevan. Melalui pendekatan studi kepustakaan, artikel ini mengkaji bagaimana AI dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan tujuan syariah (maqasid syariah), yaitu pemeliharaan agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. Ditemukan bahwa Islam mendukung inovasi teknologi selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai moral, seperti keadilan, tanggung jawab, transparansi, dan penghormatan terhadap hak individu. Teknologi AI dipandang sebagai alat yang dapat membawa kemaslahatan, namun tetap harus digunakan secara etis dan bertanggung jawab untuk menghindari potensi kerusakan (mafsadah). Panduan etika Islam seperti maslahah, amanah, ‘adl, dan tawazun menjadi kerangka penting dalam menentukan kelayakan dan keberterimaan penggunaan AI dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pemanfaatan AI yang sejalan dengan nilai-nilai Islam dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan umat dan kemajuan peradaban.
Referensi
Ali, M. (2019). Artificial Intelligence and Ethics: An Islamic Perspective. Journal of Islamic Ethics, 3(1), 25–40. https://doi.org/10.1163/25899996-12340004
Al-Qaradawi, Y. (1994). Al-Halal Wal-Haram Fil Islam. Cairo: Al-Falah Foundation.
Asrorun Ni'am Sholeh. (2020). Etika Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 10(2), 190–205.
Boddington, P. (2017). Towards a Code of Ethics for Artificial Intelligence. Cham: Springer.
Cath, C. (2018). Governing Artificial Intelligence: Ethical, Legal and Technical Opportunities and Challenges. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 376(2133), 20180080. https://doi.org/10.1098/rsta.2018.0080
Future of Life Institute. (2017). Asilomar AI Principles. https://futureoflife.org/ai-principles/
Jobin, A., Ienca, M., & Vayena, E. (2019). The Global Landscape of AI Ethics Guidelines. Nature Machine Intelligence, 1(9), 389–399. https://doi.org/10.1038/s42256-019-0088-2
Kamali, M. H. (1999). Maqasid al-Shari‘ah Made Simple. London: The International Institute of Islamic Thought.
Malik, M. (2020). Ethics of AI in Islam: Understanding Human Dignity and Responsibility. In IEEE International Symposium on Technology and Society (ISTAS), 20–24. https://doi.org/10.1109/ISTAS50296.2020.9462177
Mittelstadt, B. D., et al. (2016). The Ethics of Algorithms: Mapping the Debate. Big Data & Society, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.1177/2053951716679679
Nasr, S. H. (2002). Science and Civilization in Islam. Cambridge: Harvard University Press.
Rahwan, I. (2018). Society-in-the-Loop: Programming the Algorithmic Social Contract. Ethics and Information Technology, 20(1), 5–14. https://doi.org/10.1007/s10676-017-9430-8
Sambas, A. (2021). Kecerdasan Buatan dan Tanggung Jawab Etis dalam Perspektif Islam. Jurnal Filsafat, 31(1), 33–46.
Sardar, Z. (1998). Islam, Postmodernism and Other Futures: A Ziauddin Sardar Reader. London: Pluto Press.
Syahrul Amrin, & Ali Sadikin Ritonga. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Penggunaan Teknologi. Zeniusi Journal, 1(2). https://doi.org/10.70821/zj.v1i2.14
Syed, M. N. (2001). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Tzafestas, S. G. (2018). Ethics and Robotics. Cham: Springer.
Zarkasyi, H. F. (2005). Misinterpretation of the Islamic Ethics in the Contemporary Muslim Thought. Islamica, 1(1), 1–16.
Zarkasyi, H. F. (2015). Pendidikan Islam dalam Wacana Kontemporer. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fatimah Yanti Sinaga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International