Efektifitas Modul Cara Mudah Dan Simpel Belajar Nahwu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri Kelas 2 Madrasah Diniyyah Pada Mata Pelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Darul Falah III Jombang

Penulis

  • Muhammad Rosyid Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Haniffudin Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Kata Kunci:

Efektivitas, Cara Mudah dan Sederhana untuk Belajar Modul Nahwu Menggunakan Metode Hanifida, Nahwu

Abstrak

Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran. Termasuk di antaranya adalah Modul Metode Hanifida Cara Mudah dan Sederhana Belajar Nahwu. Para peneliti tertarik untuk mengetahui efektivitas Modul Cara Mudah dan Sederhana Belajar Nahwu Metode Hanifida dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Madrasah Diniyyah dalam Pelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Darul Falah III, Jombang.

Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan modul cara mudah dan sederhana belajar nahwu dengan metode Hanifida di kelas 2 Madrasah Diniyyah Roudlotul Qur'an Darul Falah III, 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas 2 di pesantren Roudlotul Qur'an Darul Falah III, 3) Bagaimana efektivitas pembelajaran menggunakan modul cara mudah dan sederhana belajar nahwu dengan metode Hanifida dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 di pesantren Roudlotul Qur'an Darul Falah III pada mata pelajaran nahwu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan terkait dengan hasil belajar. Desain penelitian ini menggunakan nilai pretest-posttest dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul cara mudah dan sederhana untuk belajar nahwu dengan metode Hanifida cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 pesantren dalam pelajaran nahwu di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Darul Falah III Jombang.

Referensi

Angelina, Vitri, Eka Nur Khikmah, Fikri Hamdani Ubaidilah, and Kisno Umbar. “Problematika Pemahaman Nahwu Mahasantri Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) Pusat.” Jurnal Pendidikan & Ilmu Bahasa Arab 2, no. 1 (2023): 28–42.

Cahyani, Aghnia, and Nurul Hanani. “Problematika Pembelajaran Kitab Jurumiyah Dalam Memahami Ilmu Nahwu Bagi Santri Ulul Albab Manisrenggo Kediri.” Jurnal Al-Makrifat 7, no. 1 (2022): 100–120.

Junaedi Abdilah, Aris, and Mohamad Zaka Al Farisi. “Systematic Literature Review: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah.” Ukazh: Journal of Arabic Studies 4, no. 1 (2023): 39–51. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.744.

Mawaddah, Siti Lum’atul. “Problematika Pembelajaran Nahwu Menggunakan Metode Klasik Arab Pegon Di Era Modern.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2022): 102–19. https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.12976.

Rappe, and A D Angraeni. “Kesulitan Belajar Online Ilmu Nahwu Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab.” Shaut Al Arabiyyah 12, no. 1 (2024): 47. https://doi.org/10.24252/saa.v12i1.43257.

Rohman, Muhammad Arifur, and Najih Anwar. “Analisis Pembelajaran Nahwu Pada Siswa Kelas 2 Ula Madrasah Diniyah Salafiyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo.” Emergent Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) 3, no. 2 (2023): 1–13. https://doi.org/10.47134/emergent.v3i2.17.

Roidah, Salma, Nailul Izzah, and Lailatul Munawaroh. “Analisis Penggunaan Terjemah Arab Pegon Dalam Pembelajaran Nahwu Kitab Matan Al Jurumiyah Pondok Pesantren Esantren Insan Mulia Punggur Lampung Tengah Abstrak Indonesia Selama Perjalanan Dan Perkembagan Pendidikan . Akibatnya , Pesantren Terus Dengan Masy” 2, no. 1 (2024).

Sa’adah, Nailis. “Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 01 (2019): 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995.

Yuristia, Fatma, Abna Hidayati, and Maistika Ratih. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Muatan Materi IPA Berbasis Problem Based Pada Pembelajaran Sekolah Dasar Fatma Yuristia 1 , Abna Hidayati 2 , Maistika Ratih 3 .” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2400–2409.

Diterbitkan

2025-07-26

Cara Mengutip

Muhammad Rosyid, & Haniffudin. (2025). Efektifitas Modul Cara Mudah Dan Simpel Belajar Nahwu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri Kelas 2 Madrasah Diniyyah Pada Mata Pelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Darul Falah III Jombang. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Diambil dari https://www.ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/292