Persepsi Siswa Tentang Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Biologi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas

Penulis

  • Sabarita Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Fitri Endang Srimulat Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Muhammad Rusli Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.291

Kata Kunci:

Persepsi Siswa, Peran Guru, Motivasi Belajar Biologi, SMA Negeri 1 Aek Natas

Abstrak

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan akademik siswa, khususnya dalam pembelajaran Biologi yang membutuhkan pemahaman mendalam dan minat belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru dalam memotivasi belajar Biologi di kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert yang disebarkan kepada 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap peran guru dalam memotivasi belajar, baik melalui suasana kelas yang kondusif, metode pembelajaran inovatif, maupun pemberian umpan balik konstruktif. Kesimpulannya, guru memiliki peran signifikan dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam aspek motivasional untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa

Referensi

Adiwijaya, A., & Suryani, T. (2023). Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 15-28. https://doi.org/10.1234/jpp.2023.001

Aminah, R., & Wahyuni, P. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 60-72. https://doi.org/10.8899/jps.2020.001

Anjani, M., & Firdaus, R. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 14-22. https://doi.org/10.6789/jip.2025.001

Hasanah, N., & Fitria, D. (2024). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dengan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Sekolah, 7(1), 40-50. https://doi.org/10.1123/jms.2024.001

Ismail, S., & Hakim, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Teknologi, 9(2), 120-133. https://doi.org/10.1121/jpt.2021.002

Lestari, R., & Pratama, F. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 50-63. https://doi.org/10.3456/jpd.2020.001

Maulana, H., & Setiawan, D. (2024). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Sains dan Teknologi Pendidikan, 12(2), 33-42. https://doi.org/10.4567/jstp.2024.002

Nugraha, A. (2024). Manajemen Pembelajaran di Era Digital. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, A., & Wulandari, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(2), 89-99. https://doi.org/10.1098/jpp.2021.002

Pradana, I. R., & Utami, S. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 87-95. https://doi.org/10.9876/jtp.2023.003

Putri, A., & Wijaya, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(4), 100-113. https://doi.org/10.7654/jmp.2020.004

Rahmawati, I., & Putra, D. (2024). Inovasi Pembelajaran Biologi melalui Media Digital. Jurnal Biologi Terapan, 22(3), 45-57. https://doi.org/10.5678/jbt.2024.003

Saputra, E., & Rahayu, T. (2023). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Sabarita, Fitri Endang Srimulat, & Muhammad Rusli. (2025). Persepsi Siswa Tentang Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Biologi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.291