Persepsi Siswa Tentang Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Biologi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.291Kata Kunci:
Persepsi Siswa, Peran Guru, Motivasi Belajar Biologi, SMA Negeri 1 Aek NatasAbstrak
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan akademik siswa, khususnya dalam pembelajaran Biologi yang membutuhkan pemahaman mendalam dan minat belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru dalam memotivasi belajar Biologi di kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert yang disebarkan kepada 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap peran guru dalam memotivasi belajar, baik melalui suasana kelas yang kondusif, metode pembelajaran inovatif, maupun pemberian umpan balik konstruktif. Kesimpulannya, guru memiliki peran signifikan dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam aspek motivasional untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa
Referensi
Adiwijaya, A., & Suryani, T. (2023). Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 15-28. https://doi.org/10.1234/jpp.2023.001
Aminah, R., & Wahyuni, P. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 60-72. https://doi.org/10.8899/jps.2020.001
Anjani, M., & Firdaus, R. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 14-22. https://doi.org/10.6789/jip.2025.001
Hasanah, N., & Fitria, D. (2024). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dengan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Sekolah, 7(1), 40-50. https://doi.org/10.1123/jms.2024.001
Ismail, S., & Hakim, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Teknologi, 9(2), 120-133. https://doi.org/10.1121/jpt.2021.002
Lestari, R., & Pratama, F. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 50-63. https://doi.org/10.3456/jpd.2020.001
Maulana, H., & Setiawan, D. (2024). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Sains dan Teknologi Pendidikan, 12(2), 33-42. https://doi.org/10.4567/jstp.2024.002
Nugraha, A. (2024). Manajemen Pembelajaran di Era Digital. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, A., & Wulandari, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(2), 89-99. https://doi.org/10.1098/jpp.2021.002
Pradana, I. R., & Utami, S. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 87-95. https://doi.org/10.9876/jtp.2023.003
Putri, A., & Wijaya, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(4), 100-113. https://doi.org/10.7654/jmp.2020.004
Rahmawati, I., & Putra, D. (2024). Inovasi Pembelajaran Biologi melalui Media Digital. Jurnal Biologi Terapan, 22(3), 45-57. https://doi.org/10.5678/jbt.2024.003
Saputra, E., & Rahayu, T. (2023). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sabarita, Fitri Endang Srimulat, Muhammad Rusli

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International