Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 NA IX-X
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.281Kata Kunci:
CTL, Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Model Pembelajaran, Siswa SMAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 NA IX-X. CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model CTL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang belajar dengan model CTL memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Dengan demikian, model CTL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Bahri, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP N 4 Panyabungan Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Battu, V., Arrijani, A., Mamangkey, J., & Gedoan, S. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Manado. JSPB Bioedusains, 4(3). https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bioedusains/article/view/7903
Fitriyanti, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuklinggau. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2). https://mail.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/982
Hair, JF, Ortinau , DJ and Harrison, DE (2021) Essentials of Marketing Research . 5th ed. New York: McGraw-Hill Education.3014
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay. Corwin Press.
Rahmawati, S., & Sukma, S. (2024). Systematic Literature Review (Slr): Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pena, 16(01), 68-74.
Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83–92. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021
Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. A. (2022). Pelatihan metode refleksi bagi guru sekolah penggerak dalam proses pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995-1002. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8666
Rohman, Z., Razaqi, A. S., & Sari, Y. P. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tik . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1686–1693. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3182
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
Wibowo, S. E., & Saragih, V. R. B. (2024). Meta-Analysis of Contextual Teaching and Learning's (CTL) Effect on Elementary School Students' Critical Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(4), 784-791. Doi: https://doi.org/10.23887/jisd.v8i4.87128
Wijaya, T., & Rahmadhar , Y. (2022). Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1677–1682. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3014
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nova Elza, Erlia Utami Panjaitan, Syahraini Ritonga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International