Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Toleransi Antar Umat Beragama Di Masyarakat Desa Tebing Linggahara Baru Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu

Penulis

  • Rambe Roma Hasonangan Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Jailani Syahputra Siregar Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Shopiah Anggaini Rambe Universitas Al Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.280

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Toleransi, Antarumat, Beragama

Abstrak

Penelitian ini penting dilakukan sebab ia tidak hanya bermanfaat secara akademis, tetapi juga berdampak praktis dalam membina kerukunan dan stabilitas sosial. Penelitian semacam ini juga menjadi bagian dari upaya mendokumentasikan peran positif agama dalam ruang publik yang selama ini kurang tereksplorasi secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam dalam toleransi antarumat baragama di Desa Tebing Linggahara Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, instrument pengumpulan data melaui wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik keabsahan data dengan kredibilitas melalui Triangulasi, seta analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI sangat berperan penting dalam penerapan toleransi antarumat beragama di Desa Tebing Linggahara Baru. Pendidikan Agama Islam di desa ini dilakukan melalui 3 jalur yaitu pendidikan informal, formal dan informal. Umat Islam menjadi mayoritas di Desa ini dan orang-orang Islam di Desa ini senantiasa selalu menjaga toleransi dan umat nonmuslim juga sama. Pendidikan agama Islam yang dipelajari oleh orang-orang yang beragama Islam di keluarga, sekolah mereka terapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal toleransi beragama.

Referensi

Amir, Hasan Baharun, dan Lina Nur Aini. (2020). Penguatan Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah untuk Memperkokoh Sikap Toleransi. Jurnal Islam Nusantara, 4(2), 189–202.

Anas, Muhammad dan Ma’arif. (2019). Internalisasi Nilai Multikultural dalam Mengembangkan Sikap Toleransi (Studi di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang). Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 164–189.

Anwar, Rosyida Nurul (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655.

Aulia, G. R. (2023). Toleransi Antar Umat Beragama dalam Perspektif Islam. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 25(1), 36240.

Averoezy, F. (2023). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1822.

Chudzaifah. Ibnu. 2024. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama: Peran Strategis PAI Dalam Meningkatkan Dialog, Toleransi dan Keharmonisan di Indonesia” dalam Jurnal Pendidikan Islam Vol 10. Nomor 1 (1-12). Sorong : Institut Agama Islam Negeri Sorong.

Dewi, Larasati, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8060–8064.

Dzulhadi, Q. N. (2019). Islam VS Prularisme Agama. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Feriyanto. (2024). “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Toleransi Antarumat Beragama di Indonesia” dalam Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Vol 1. Nomor 1 (304-315). Rejang Lebong: SDN 142 Rejang Lebong.

Handoko, Suryawan Bagus. Cecep Sumarna dan Abdul Rozak. (2022). Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11260–11274.

Hassan. Khalifah Muhammad. (2017) Sejarah Agama Yahudi. Pekanbaru: Tafaqquh Media Kelompok Smartania Publishing.

Hostini. Lesti. (2022). Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di PAUD Pelita Hati. Early Childhood Research and Practice, 3(01).

Ifka Ayu Rofikoh Sari, Romdloni, Sholeh Hasan. (2022). Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 35–41. DOI: 10.30599/jpia.v9i1.1466.

Moelong. Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Aufa Muis, Luluk Sofiatil Jannah, Yosi Yulianingsih. (2023). Dinamika Toleransi Antar Umat Beragama dalam Konteks Pendidikan Agama Islam di Masyarakat. Indonesian Journal of Education and Development Research. DOI: 10.24252/jdt.v24i2.41117.

Mujahidin, E., Hafidhuddin, D., & Kusumah, F. S. F. (2023). Persepsi mahasiswa perguruan tinggi Islam mengenai toleransi antaragama. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 6098.

Munawaroh, F., & Hidayatullah, A. (2023). Studi Literatur tentang Strategi Pendidikan Agama Islam dalam Mempromosikan Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 599.

Ningsih, W., Darmawan, A., & Abdul Rais, A. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Toleransi antar Umat Beragama. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 10255.

Novitasari, Nisha. Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Purnamasari. (2021). Peran Pendidikan untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7884–7889. DOI: 10.31004/jptam.v5i3.2262. Putra, Nusa dan Santi Lisnawati. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohman, Zainur; Muttaqin, Ahmad Izza; Nasrodin, Nasrodin. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 240–252. DOI: 10.69552/tarbiyatuna.v7i2.1946.

Sigalingging, S. I. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Khidmat, 3(1), 1503.

Suhadi Inayah Sigalingging. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Khidmat, 3(1), 210–214. DOI: 10.24252/jdt.v24i2.41117.

Sukamto. (2024). “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Identitas Religius Pada Siswa Milenial” dalam Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Vol 1. Nomor 1 (halaman 103-116). SDIT Khoiru Ummah.

Tanio, A. (2023). Moderasi Agama dan Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Toleransi Antar Agama. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 1099.

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Rambe Roma Hasonangan, Jailani Syahputra Siregar, & Shopiah Anggaini Rambe. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Toleransi Antar Umat Beragama Di Masyarakat Desa Tebing Linggahara Baru Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.280