Integrasi Kurikulum Pendidikan Islam Dengan Teknologi Digital: Analisis Kesiapan Madrasah Di Era Revolusi Industri 5.0
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.272Kata Kunci:
Kurikulum Pendidikan Islam, Teknologi Digital, Madrasah, Revolusi Industri 5.0, Inovasi PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan madrasah dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kurikulum pendidikan Islam di era Revolusi Industri 5.0. Integrasi ini menjadi penting mengingat tuntutan zaman yang menekankan kolaborasi manusia dan teknologi tanpa mengabaikan nilai-nilai keislaman. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Lima variabel utama dikaji: kesiapan infrastruktur, kompetensi literasi digital guru, keterbatasan kurikulum, inovasi madrasah, dan kesiapan integrasi kurikulum digital. Hasil menunjukkan bahwa kesiapan infrastruktur dan kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap kesiapan integrasi. Keterbatasan kurikulum menjadi hambatan utama, sementara inovasi madrasah memperkuat hubungan positif antar variabel. Penelitian ini memberikan gambaran empiris penting bagi pengambil kebijakan dan pengembang kurikulum untuk mendesain sistem pendidikan Islam yang adaptif terhadap teknologi digital tanpa kehilangan esensi nilai-nilai keagamaan.
Referensi
Ahmadi, Farid, and Hamidulloh Ibda, Konsep Dan Aplikasi Literasi Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 (CV. Pilar Nusantara, 2019)
Ali, Muchamad Sifan, and Akhmad Nurul Kawakip, ‘Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Pesantren Modern’, JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8.2 (2025), pp. 2329–35
Amelia, Ulya, ‘Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan’, Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2023), pp. 68–82
Dewantara, I Putu Mas, ICT & Pendekatan Heutagogi Dalam Pembelajaran Abad Ke-21 (Deepublish, 2021)
Handhika, Jeffry, Siska Desy Fatmaryanti, Nur Khasanah, and Indah Slamet Budiarti, Pembelajaran Sains Di Era Akselerasi Digital (Cv. Ae Media Grafika, 2020)
Hasna, Melda, ‘Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital’, Jurnal Pendidikan Modern, 10.1 (2024), pp. 32–42
Hattarina, Shofia, Nurul Saila, Adenita Faradilla, Dita Refani Putri, and R R Ghina Ayu Putri, ‘Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan’, in Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2022, I, 181–92
Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis Dan Aplikatif-Normatif (Amzah, 2022)
Muslimin, Titik Pitriani, and Andi Anugrah Batari Fatimah, ‘Kompetensi Dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan Di Era Society 5.0’, Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7.1 (2024), pp. 55–72
Wahyudi, Dedi, and Khotijah Khotijah, ‘Islamic Education 4.0 Sebuah Revolusi Pendidikan Islam’ (Idea Press Yogyakarta, 2021)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ahmad Taufik, Fatimah Purba, Irhamuddin, Yuslinda, Yusman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International