Pengembangan Literasi Digital Di Kalangan Guru Dan Siswa: Kajian Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.262Kata Kunci:
Literasi digital, Guru, Siswa, Teknologi, Keterampilan Abad 21Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong dunia pendidikan untuk beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Literasi digital menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki guru dan siswa agar mampu menghadapi tantangan global di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai literatur terkait pengembangan literasi digital di kalangan guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis sumber-sumber literatur relevan yang diterbitkan dalam lima hingga sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan teknis, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, etika bermedia, serta keterampilan memanfaatkan teknologi secara kreatif dan produktif. Bagi guru, literasi digital berperan dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi dan membimbing siswa menggunakan teknologi secara bijak. Sedangkan bagi siswa, literasi digital mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan literasi digital secara berkelanjutan bagi guru dan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan inovatif di era digital.
Referensi
Achmadi, A., Akbar, G. R., Azizah, H., Fitri, Y., & Media, A. (2024). Peran Literasi Digital di Era Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Indonesiana: Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(11), 147–153.
Ahyani, N., Fitria, H., Lian, B., & Nugroho, H. S. (2024). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1296–1308. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1283
Arbi, Z. F., & Amrullah. (2024). Social Studies in Education Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital : Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 02(02), 191–206. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15642/sse.2024.2.1.191-206
Astuti, N. W. W., & Artawan, K. S. (2023). Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Guru untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar, Prospek Ii, 270–276.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.
Devi, L. P. S. A., & Winangun, I. M. A. (2024). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PERAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(4), 1255–1267. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i4.4681
Faresta, R. A. (2023). the Urgency of Digital Literacy Skills for Educators To Face Global Challenges in Society 5.0 Era. Jurnal Kependidikan, 8(2), 1–6.
Faturrohman, & Budiyanto, A. (2024). LITERASI DAN ETIKA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR. Literasiana: Jurnal Literasi Informasi Perpustakaan, 1(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.31942/
Ginting, R. V. B., Arindani, D., Mega, C., Lubis, W., & Shella, A. P. (2022). Literasi digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di era globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/10869
Gusta, W., Alhusna, A., & Medina, P. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 7–18. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Hidayat, C., Effendi, I., & Zarkasyi, F. I. (2025). The Formation of Digital Literacy Among Gen Z Based on Local Wisdom Values to Counteract Cyber Terrorism Propaganda Pembentukan Literasi Digital Gen Z Berbasis Nilai Kearifan Lokal dalam Membendung Konten Propaganda Terorisme. JCIC: Jurnal CIC Lembaga Riset Dan Konsultan Sosial –, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.51486/jbo.v7i1.200
Husaeni, A. S., Hidayat, R., & Khadijah, I. (2023). Peran Literasi Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8913–8918. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2697
Kiranti, W. A., Selegi, S. F., & Lian, B. (2023). Literasi Baca Tulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Bangun Harjo. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 179–193. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.1057
Listyawan, E. A., Karlina, I., & Ayushandra, V. (2023). Penggunaan Media Interaktif sebagai Bahan Literasi Digital Era 21 untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.25199
Nasution, N., & Suryani, I. (2025). Menyelaraskan Etika dan Self Branding di Era Media Sosial SMP Nurul Islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 3265–3274.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Purba, A. Z., & Ain, S. Q. (2024). Peran Guru dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. 13(001), 1–10.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Resti, Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas: Jurnal Kehumasan, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Romlah, Hadi, S., & Sobri, A. Y. (2025). Pengembangan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Pembelajaran Melalui Supervisi dan Belajar Kolaboratif pada Guru SDN 1 Jambesari. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 42–63.
Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan 4c dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125–142. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.291
Taraju, A. R., Nurdin, N., & Pettalongi, A. (2022). Tantangan dan Strategi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, 1, 314–315.
Umar. (2022). Komunikasi Pembelajaran Di Era Digital. In PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Ummah, D. N., & Nadlir. (2023). Konsep Kurikulum Merdeka Dan Integrasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Jenjang Sekolah Dasar. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26–38. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.18907
Wahyuni, H., & Marno. (2024). Transformasi Pendidikan: Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Digitalisasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5675–5688. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14888
Wahyuni, H., & Sutiah. (2024). ANALISIS URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DAN BAHAN AJAR BERBASIS TEKNOLOGI DALAM KEBERHASILAN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(4), 322–336.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Leli Hasanah Lubis, Budi Febriani, Meisa Fitri Nasution, Usmala Dewi Siregar, Agus Salim

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International