PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA DI KELAS 5 MIS HARISMA PULO PADANG

Authors

  • Sri Hariati Hasibuan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Sahbuki Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Soybatul Aslamiyah Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.260

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar, IPS, Madrasah Ibtidaiyah, Siswa Kelas 5

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Kuantitatif. Yang dilakuan pada kelas control dan eksperimen, Penelitian ini menggunakan angket dan media pembelajaran ceramah didukung dengan Power Point/video dan game, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Materi ekosistem siswa-siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Harisma Pulo Padang. MIS Harisma Pulo Padang yang berjumlah 40 siswa.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 untuk uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan media pembelajaran Video, Power Point hingga Ice Braking, setelah itu diberikan pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62,60 dengan standar deviasi 5,950. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh dengan nilai rata-rata 62,40 dengan standar deviasi 10,257. Bila dilihat dari hasil nilai pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran ceramah dan didukung dengan video sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan meningkatnya minat belajar siswa. Setelah dilakukan uji hipotesis untuk melihat pengaruh media pembelajaran interaktif siswa dilakukan dengan menggunakan uji t. Pada uji t satu pihak dimana Ha diterima dan Ho ditolak jika thitung  ≥  ttabel. Tetapi jika Ho diterima dan Ha ditolak jika thitung  ≤  ttabel. Total thitung diperoleh 2,183 dan data ttabel diperoleh 2,035, maka kriteria pengujian data diperoleh thitung  ≥  ttabel yaitu 2,183  ≥  2,035. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media pembelajaran interaktif pada mata Pelajaran IPS siswa di MIS Harisma Pulo padang pada tahun pelajaran 2023/2024.

References

Adnan, Arum Tri Wulandari, and Pidekso Adi, ‘Implementasi Media Quizizz Sebagai Sarana Pembelajaran Pada Materi Teks Berita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP Di Era Society 5.0’, JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4.9 (2024), 957–65 <https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p957-965>

Adolph, Ralph, ‘済無No Title No Title No Title’, 7.2 (2016), 1–23

Aflizah, Nur, Firdaus Firdaus, Salfen Hasri, and Sohiron Sohiron, ‘Reward Sebagai Alat Motivasi Dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.1 (2024), 4300–4312

Alfiana Sri Wahyu Wulandari, Nensy Megawati Simanjuntak, and Hikmah Maulida Fitria, ‘Pengaruh Konten Tik Tok Terhadap Daya Serap Tik Tokers Di Dalam Memahami Materi Bahasa Indonesia Level SMA’, Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2.3 (2024), 164–72 <https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.788>

Anggraini, Desy, Dian Devita Yohanie, and Aan Nurfahrudianto, ‘Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Teori Pemahaman Skemp’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11.1 (2024), 58–72 <https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2060>

Geubrina, Misla, Hendra Mulia, Universitas Harapan Medan, Informasi Artikel, Bahasa Persuasif, and Jurnal Education, ‘Pengaruh Bahasa Persuasif Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Pada Objek Wisata Di Kota Medan’, 12.3 (2024), 322–28

Hafiyah, Hidayatul, and Zainal Arifin, ‘Perkembangan Sosial Anak Dan Pengaruhnya Bagi Pendidikan: Ditinjau Dari Kemampuan Emosional Anak’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama , 2.2 (2024), 21–28 <https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/JIPA/article/view/652/493>

Hayati, Husna, and Muh Arafah, ‘Pengaruh Fluktuasi Harga Terhadap Daya Beli Pedagang Sembako Muslim Di Pasar Palakka Kab. Bone’, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah), 3.2 (2024), 25–40 <https://doi.org/10.30863/akunsyah.v3i2.5487>

Hendratni, Tyahya Whisnu, Soemarsono Dw, and Hindradjid Harsono, ‘Peran Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dalam Implementasi Bisnis Hijau Dan Pembangunan Berkelanjutan’, 10.3 (2024), 729–45

Hermawan, Toto, Dian Khairiani, Muthmainnah Muthmainnah, Iman Saifullah, and Hasan Bisri, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah’, Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3.2 (2024), 87–98 <https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i2.2173>

Manajemen, Jurnal, Yenny Novita, and Tarmizi Lidiana, ‘Analisis Pengaruh Lingkungan Toko Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Konsumen Abstrak’, 1.2 (2024), 32–44

Manuahe, Y M R, ‘Teknologi Sebagai Media Komunikasi Interaktif Dalam Pendidikan Agama Kristen’, Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 4.April (2024) <https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/397%0Ahttps://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/download/397/139>

Mustakim, Abd., Abdul Halik, Muh. Akib, Muhammad Saleh, Kaharuddin Kaharuddin, and Indriani H. Ismail, ‘Korelasi Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4.3 (2024), 898–908 <https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-20>

No, Vol, Oktober Desember, Landung Prasetyo, and Luki Eka, ‘Tahapan Perkembangan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Piaget Serta Peran Guru Dalam Mendukungnya’, 2.3 (2024), 2010–12

Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani, ‘Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2020), 3(2), 524–32 <https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971>

Putri Primawanti, Eka, and Hapzi Ali, ‘Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) for Business)’, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3.3 (2022), 267–85 <https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.818>

Rahmadanti, Anisa, La Ode Amril, and Irwan Efendi, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3.1 (2024), 117–25 <https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086>

Robianto, Ari, ‘Meningkatkan Semangat Belajar Siswa- Siswi SD Atau MI Di Desa Cendono Melalui Bimbingan Belajar’, Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4.1 (2024), 23–26 <https://doi.org/10.28926/jtpdm.v4i1.1512>

Sakti, Andika Dwi, Yogi Irdes Putra, Arisman Sabir, and Desi Fitria, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Tik’, Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5.1 (2024), 1–11 <https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1431>

Saputra, Iskandar Abdul Azis, and Fatma Ulfatun Najicha, ‘Pengaruh Lingkungan Terhadap Tumbuhnya Jiwa Nasionalisme’, Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4.1 (2024), 1–5 <https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v2i1.893>

Saraswati, Eka, and Devi Novallyan, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri’, IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2.2 (2018), 72 <https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.37>

Subhaktiyasa, Putu Gede, ‘Menentukan Populasi Dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif’, 9 (2024), 2721–31

Sujatmiani, Sujatmiani, ‘Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup’, Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8.1 (2024), 143–64 <https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1301>

Tugiyono, Mat, ‘Model Pembelajaran Project Based’, Central Publisher, 1.2 (2023), 114–34

Utomo, Prio, Nova Asvio, and Fiki Prayogi, ‘Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan’, Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1.4 (2024), 19 <https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821>

Wella, Prana, and Mori Dianto, ‘The Relationship Between Self-Control and Bullying Behavior in Students’, 4.3 (2024), 495–99

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Sri Hariati Hasibuan, Sahbuki Ritonga, Suryatik, Soybatul Aslamiyah Ritonga, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA DI KELAS 5 MIS HARISMA PULO PADANG. Qalam Lil Mubtadiin, 3(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.260