PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 12 PERLABIAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Shinta Arsita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Jupriaman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Leli Hasanah lubis Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.259

Keywords:

Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Shinta Arsita Sari, 2024, Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian dan seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024.

                Penelitian ini adalah jenis Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan teknik sensus/sampling total. Sehingga jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas V dan VI SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi.

                Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,02 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,168 > 1,693. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square)  yang nilainya  sebesar 0,229  atau senilai 22,9 %. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Amalia, Nur dkk, 2021, ‘Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI Di SMK STB Depok’, Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, Vol. 1, No. 2, hlm. 123.

Anwaroti Ismatul dan Syafiq Humaisi, Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa, ASANKA: Journal of Social Science And Education, Vol. , No. 2, hlm. 120.

Endriani Ani dan Nurul Iman, 2022, ‘Pentingnya Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, Vol. 3, No. 1, hlm. 57.

Hasibuan Aminah Siti dan Ismi Yulizar, 2022, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Min Medan, Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, Vol. VI, No.I, hlm. 61.

Hrp, Ariani Nurlina dkk, 2022, Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran, Widina Bhakti Persada, Bandumg, hlm.3.

KBBI VI Daring, ‘Belajar’, Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, 2016 <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Belajar>/ Di akses tanggal 6 Agustus 2024.

KBBI VI Daring, 2016, ‘Pengaruh’, Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengaruh>. Di akses tanggal 13 Mei 2024.

KBBI VI Daring, 2016, ‘Disiplin’, Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasan,<https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/disiplin>. Diakses tanggal 14 Mei 2023.

Munthe Ulfah Yusnita and Fauzi Arif Lubis, 2022, ‘Pengaruh Dan Efektivitas Media Sosial Pada Proses Pengumpulan Zakat, Infaq, Dan Sedekah: Studi Kasus Di Lembaga Amil Zakat Al-Washliyah Beramal (LAZ WASHAL)) Sumatera Utara Yusnita’, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), Vol. 2, No. 1, hlm. 2541.

Musbikin, Imam 2021, Pendidikan Karakter Disiplin, Nusa Media, Yogyakarta, hlm 5.

Naryanto, 2022, Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Eureka Media Aksara, Jawa Tengah, hlm. 13.

Pane Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang, 2017, Belajar Dan Pembelajaran’, Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 3, No. 2, hlm. 337

Rohatijah, dkk, 2023, ‘Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Drill Pada Kelas Iv Mdta Tunas Bangsa Pulau Intan’, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, Vol. 7, No. 2, hlm. 2.

Sihite, Wahid Askal dkk, 2022, ‘Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Tengah’, Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, Vol. 4, No.4, hlm. 3.

Wandini Rizky Rora dan Maya Rani Sinaga, 2018, ‘Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik’, Jurnal Raudhah, Vol. 06, No.01,hlm. 3.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Shinta Arsita Sari, Jupriaman, & Leli Hasanah lubis. (2025). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 12 PERLABIAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Qalam Lil Mubtadiin, 3(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.259