PENGARUH METODE JIBRIL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 RANTAU UTARA

Authors

  • Tetty Yana Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.258

Keywords:

Metode Jibril, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Jibril terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara Tahun Ajaran 2023/2024.

Metode Jibril merupakan salah satu metode pembelajaran islam. Yaitu metode Talqin-Talqiq (menirukan). Yang dimaksud dengan Talqin-Talqiq adalah menirukan bacaan guru satu persatu ketika dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an hingga benar atau pas ketika dalam membaca Al-Qur‟an.

Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuntitatif. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan studi domumentasi. Sampel diambil 15% dari populasi. Kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode konvensional dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode Jibril.

Instrumen penelitian menggunakan tes sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh thitung – ttabel (2,069 <2,003). Sehingga ha diterima dan ho ditolak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh thitung–ttabel (2,069 <2,003). Sehingga ha diterima dan ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Jibril terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an sesuai dengan makhraj, tanda baca Al- Qur‟an dan tajwidnya di kelas V Sekolah Dasar Negeri 21

References

Acim, Abdullah Subhan. 2022, Metode Pembelajaran Dan Menghafal Al-Qur’an, Lembaga Ladang Kata, Bantul, Hlm.47

Alwi, Hasan. dkk, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, Jakarta, Hlm. 849

Assingkily, Shaleh Muhammad 2021, Ilmu Pendidikan Islam (Mengulas Pendekatan Pendidikan Islam Dalam Studi Islam Dan Hakikat Pendidikan Bagi Manusia), K-Media, Yogyakarta, Hlm.4

Assingkily, Shaleh Muhammad. 2021, Ilmu Pendidikan Islam (Mengulas Pendekatan Pendidikan Islam Dalam Studi Islam Dan Hakikat Pendidikan Bagi Manusia), K-Media, Yogyakarta, Hlm.4

Astuti, Widi. dkk, 2021, Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 04, No. 2, Hlm. 197

Cahyono, Sugeng Anang. 2016, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia, Publiciana, Vol. 9.No. 1, Hlm. 142

Hakim, Luqman. 2021, Eksistensi Metode Jibril Dalam Bina Baca Al-Qur’an Santri, Jurnal Studi Pesantren, Vol. 2.No. 4, Hlm.63

Iskandar, Bukhari. Dkk, 2021, Metode Dan Model Pembelajaran, CV.Manhaji, Medan, Hlm.13

Langgulung, 2014, Metodologi Pembelajaran Kurukulum 2013 Agama Islam, FAI Uhamka, Jakarta, Hlm.10

Langgulung, 2014, Metodologi Pembelajaran Kurukulum 2013 Agama Islam, FAI Uhamka, Jakarta, Hlm.10

Munthe, Ulfah Yusnita. dkk, 2022, Pengaruh Dan Efektivitas Media Sosial Pada Proses Pengumpulan Zakat, Infaq, Dan Sedekah: Studi Kasus Di Lembaga Amil Zakat Al- Washliyah Beramal (Laz Washal)) Sumatera Utara , Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem), Vol. 2.No. 2, Hlm.2536-2546

Nurhayati, dkk, 2022, Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam), Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 3.No. 1, Hlm. 453

Sanjaya, Wina. 2008, Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta. Hlm.60

Tarigan, Mardinal. dkk, 2020, Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Perkembangan Pendidikan Di Indonesia, Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3.No. 1, Hlm. 150

Taufiqurrahman, 2020, Metode Jibril Teori Dan Praktik, Ikatan Alumni (IK PIQ), Malang, Hlm.18

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Tetty Yana Ritonga, Suryatik, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH METODE JIBRIL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 RANTAU UTARA. Qalam Lil Mubtadiin, 3(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.258