PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TADABBUR ALAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 21 RANTAU UTARA

Authors

  • Santianah Tanjung Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.257

Keywords:

Model Pembelajaran, Tadabbur Alam, Terhadap Motivasi, Belajar, Siswa

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu cara yang menjadi factor utama dalam belajar, namun siswa memiliki kesulitan dalam memahami pembelajaran agama islam, begitu pula dengan kurangnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran agama islam, halite pulalah yang menjadikan penulis melatar belakangi untuk menggunakan metode tadabbur alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengaruh model pembelajaran tadabbur alam terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam di SDN Rantau Utara di Kelas IV  tahun pelajaran 2023-2024.

                Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 21 Rantau Utara,dan SDN 16 Rantau Utara, sedangkan intrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah uji hipotesis.

                Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan  model pembelajaran tadabbur alam sangat berpengaruh untuk motivasi belajar anak didik, kelayakan dalam penerapan model pembelajaran tadabbur ini dapat dilihat dari hasis uji hipotesis menggunakan (SPSS) dengan memproleh nilai  thitung  2.276 sedangkan ttabel  0,05 sedangkan Ha diterima dan Ho di tolah atau bias dikatakan terdapat pengaruh yang signitifikan dari metode pembelajaran tadabbur alam terhadap motivasi belajar siswa.

References

‘No Title’, Arsyad Ripai Siregar, Bukhari Is, Suryatik, 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Azan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, IVol. 7 No. 2, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiy.

Departemen Pendidikan, Pengertian Pengaruhmenurut W.J.S Poewardamita, 1996 (2017).A.Rafiq, 2020. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat, Global Komunika, IVol. 1 No. 1, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa UnIIVersitas Bina Sarana Informatika, hlm. 19.

Hayati, Rahmi Dian Armanto, and Yessi Kartika, ‘KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN’, Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3.2 (2023), doi:10.51700/manajemen.IV3i2.450.

Jurnal Teologi, Agama Kristen, and Yeni Krismawati, ‘Teori Psikologi Perkembangan Erik H . Erikson Dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini’, 2.1 (2014), pp. 46–56.

Najoan, Denny ‘Penerapan Model Tadabbur Alam Pada Pembelajaran Imtak Dalam Menumbuhkan Spiritual Anak Pada Masa Pandemi CoIVid-19 Di Lingkungan Temon Tahun 2020’, Educatio Christi. 2020, 06.01 (2021).

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19Tahun 2005.

Prabandari, Yunita Dewi ‘Model Pembelajaran: 7 Model Pembelajaran’, Menyongsong Ptmt Pada Dunia, 19 (2017).

Rofi’ie, Halim Abdul ‘Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan’, waskiya: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, IVol. 7.No. 2 (2017), p.hlm 113, doi:10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7.

Siskandar, ’sikap MotiIVasi,Dan Peran Orang Tua Yang Dipersepsikan Anak Dalam Kaitan Denga Hasil Belajar Matimatika’ (2019).

Sugiono, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, ed. by Sugiyono & Priyatno, metode pen (2019).

Sugiyono & Priyatno, ‘Populasi’, Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kinerja Pegawai, 2016.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D; Alfabeta, Bandung, hlm. 127.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997Tentang Lingkungan Hidup.

Wulandari Dewi and Article Info, ‘Penerapan Model Pembelajaran Tadabur Alam Dalam Meningkatkan Bahasa Arab Siswa Kelas 3 Di MTs El Karim Warunggunung Kab.Lebak’, Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies, 7.2 (2022), pp. 107–28.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Santianah Tanjung, Suryatik, & Ismi Yulizar. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TADABBUR ALAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 21 RANTAU UTARA. Qalam Lil Mubtadiin, 3(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.257