PENGARUH MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KONSEP BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 21 RANTAU UTARA LABUHANBATU
DOI:
https://doi.org/10.58822/qlm.v3i1.250Keywords:
Media, Herbarium, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media herbarium terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam konsep bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV di sekolah dasar negeri 21 rantau utara labuhanbatu tahun ajaran 2023/2024 jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (Quasi Exsperiment) dengan sample penelitian total sampling, kelas IV A sebagai kelas kontrol, peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi dan tanya jawab) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen kegiatan proses pembelajaran Menggunakan Media Herbarium.
Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal dan dilaksanakan oleh siswa/i Sekolah Dasar Negeri 20 Rantau Utara sebanyak 30 peserta. Untuk memperoleh validitas soal tes pilihan ganda yang menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,5 hasil uji hipotesis data post test Menggunakan Media Herbarium diperoleh thitung > ttabel (2, 236 > 1, 677). Sehingga H1 diterimah H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan mengunakan Media Herbarium Pada Materi Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2023/2024.
References
Annisa, Dwi, ‘Jurnal Pendidikan Dan Konseling’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.1980 (2022), 1349–58
Antika Reza Rindy, ‘Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif Di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul 'Izzah, Nganjuk" Hal’, Biokultur, Iii.1 (2014), 251–63
Falahudin, Iwan, ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran’, Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1.4 (2014), 20
Fas, Uin, And Alfauzan Amin, Motivasi Belajar Menurut Al-Quran : Analisis Surat Ar-Rad Ayat 11 (Bengkulu, 2022), VII
Ibrahim, Fahmi, Budi Hendrawan, And Sunanih Sunanih, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pacas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jleb: Journal Of Law, Education And Business, 1.2 (2023), 102–8
Lestari Indah Dewi, ‘Pelatihan Pembutan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Keanekaragaman Hayati, Fkib Samawa, Nusa Tenggara Barat’, Elementary School Journal, 2.2 (2017), 76
Majid Sunarti, Ilham; Mulaicin, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Herbarium Pada Siswa Madrasah Aliyah Kota Ternate’, Bioedukasi, Vol 2, No 1 (2013), 2013
Muhartati, Erda, And Azza Nuzullah Putri, ‘Pengembangan Media Album Herbarium Tumbuhan Spermatophyta Di Wilayah Kota Tanjungpinang’, Jurnal Pedagogi Hayati, 4.2 (2020), 71–78
Muswita, Muswita, Upik Yelianti, Tedjo Sukmono, Harlis Harlis, And Winda Dwi Kartika, ‘Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di Sman 11 Muaro Jambi’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3.2 (2019), 170–75
Pulung Sumantri, ‘Pemanfaatan Batu Megalitikum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Kecamatan Mandrehe’, Education & Learning, 2.2 (2002), 159–65
Rezeqi, Salwa, And Dina Handayani, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pteridophyta Berbasis Herbarium’, Jurnal Pelita Pendidikan, 6.1 (2018), 36–41
Rizal, Setria Utama, Isma Nastiti Maharani, M Nizar Ramadhan, Dwi Wisuda Rizqiawan, And Jodi Abdurachman, Media Pembelajaran (Bekasi: Cv Nuranni)
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011)
Syamsiah, Syamsiah, Nurhayati B., And St. Fatmah Hiola, ‘Pemanfaatan Spesimen Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Ipa/Biologi Di Kabupaten Enrekang’, Dedikasi, 22.1 (2020), 99
Unaradjan, Dominikus Dolet, Metode Penelitian Kuantitatif (Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta, 2019)